Gunungsitoli – Dalam rangka pelaksanaan Akreditasi Institusi Sekolah Tinggi Agama Islam Nias, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan Asesmen Lapangan secara luring terhadap STAI-Nias, tanggal 21,22,23. Lokasi asesmen di Kampus STAI-Nias dipusatkan di ruang pertemuan Sekolah Tinggi Agama Islam Nias. Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang terdiri atas Prof. Dr.Deden Makbullah M.Ag., Dr. Drs, Shodiq Abdullah, M.Ag, beserta staf BAN-PT Fajar Hidayat S.E disambut oleh Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Nias Dr. Muhammad Abdi Lubis, M.Si bersama jajaran STAI-Nias. turut Hadir Ketua Yayasan PonPes Ummi Kalsum, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gunungsitoli, Ketua IPHI Kota Gunungsitoli, para Alumni STAI-Nias, BEM beserta civitas akademik STAI-Nias.

Asesmen Lapangan dibuka secara resmi oleh Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Nias, yang dalam sambutannya menekankan proses Akreditasi Institusi STAI-Nias merupakan upaya perguruan tinggi Agama Islam Nias untuk terus berbenah, pasca melaksanakan dua kali reakreditasi Program Studi yakni Prodi Manajemen Pendidikan Islam dan Manajemen Dakwah yang terakreditasi BAIK. Lebih lanjut Ketua STAI-Nias menyampaikan kedepan dalam waktu dekat Insya Allah STAI-Nias berencana membuka 1 program studi lagi yaitu Pendidikan Agama Islam mudah mudah diberi kekuatan dan kemudahan untuk mewujudkan hal dimaksud. Akhirnya ketua STAI-Nias berterima kasih atas kehadiran para asesor yang diharapkan memberikan bimbingan dalam pelaksanaan asesmen lapangan ini dalam upaya bersama demi terwujudnya pendidikan tinggi bermutu di Indonesia.

Sebagaimana lazimnya asesmen lapangan juga diisi dengan wawancara dengan pimpinan STAI-Nias, Tim Penjaminan Mutu, Ketua Prodi, alumni STAI-Nias, mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Kedua asesor juga meninjau fasilitas pembelajaran, sarana dan prasarana lainnya.